Minggu, 29 November 2009

Perawatan Menjelang Pernikahan

Oleh: Wuri Kartiasih

Jurnal Nasional, 29 November 2009
HARI pernikahan merupakan suatu peristiwa yang sangat dinantikan setiap pasangan. Oleh karena itu tidak heran bila persiapan pernikahan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Tujuannya supaya pada hari pernikahan semua acara berjalan dengan lancar dan sukses. Biasanya mempelai wanita, melakukan beragam perawatan tubuh agar saat hari pernikahannya tampil cantik dan segar, atau yang kerap dikatakan oleh jurus rias pengantin dengan istilah manglingi.

Meski menjaga penampilan diri lazim dilakukan oleh kaum Hawa, kaum Adam pun tidak dilarang melakukannya. Dengan merawat diri sebelum menikah, dijamin mempelai pria akan merasakan manfaatnya. Jadi baik Anda dan pasangan, dapat melakukan pra wedding treatment berdua. Perawatan yang dapat dilakukan seperti luluran, pijat, dan facial.

Luluran dapat dilakukan seminggu sekali dengan menggunakan lulur yang banyak dijual di pasaran. Dengan luluran bisa mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit menjadi bercahaya dan bersih. Biasanya pada saat luluran disertai dengan pemijatan untuk melancarkan peredaran darah.

Selanjutnya facial dan penggunaan masker wajah. bertujuan untuk membersihkan wajah dari jerawat, merawat wajah agar tetap segar sehingga pada saat hari pernikahan muka tidak mudah berminyak dan make up tahan lama.

Perawatan rambut seperti creambath sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali supaya rambut terawat indah dan mudah ditata. Selain itu, kepala jadi lebih rileks karena pemijatan pada saat creambath.

Beberapa perias biasanya menyediakan paket ini lengkap mulai dari luluran, ratus, sampai minum jamu-jamuan. Para perias pengantin biasanya meminta mempelai melakukan puasa Senin-Kamis dan mengurangi makan garam agar wajah bersinar dan manglingi.

Untuk perawatan sehari-hari, mempelai wanita dan pria bisa melakukan perawatan wajah, mata, dan bibir. Untuk perawatan wajah, kulit wajah yang sehat merupakan faktor penunjang utama untuk penampilan tata rias wajah yang sempurna. Kuncinya tentu saja pada perawatan rutin di rumah.

Penggunaan krim pembersih dapat membantu memperlancar peredaran darah dan mengencangkan otot-otot halus pada kulit wajah. Lakukan ini secara teratur pagi dan malam sepulang kerja. Beberapa make-up artist berpendapat banyak yang mengatakan bahwa mereka lebih suka berkonsentrasi pada bagian mata karena jika hasil riasan mata bagus, klien akan tampak lebih cantik.

Di luar keberhasilan riasan bagian mata, mata yang sehat, jernih, dan bercahaya adalah kunci utama dari riasan. Biasanya riasan pada bagian mata lebih berbicara. Untuk itu rajin-rajinlah mencuci muka, membersihkan riasan mata, dan sesekali membubuhkan krem khusus pada bagian mata sambil melakukan pijatan lembut untuk melancarkan peredaran darah di sekitar daerah mata. Jangan lupa memperhatikan kebersihan alat-alat rias secara berkala.

Ketika acara tengah berlangsung, senyuman akan sering ditebarkan kepada undangan yang hadir untuk mengungkapkan perasaan bahagia. Walau tertutupi lapisan pemulas bibir, namun bibir yang sehat tetap layak Anda miliki. Bibir yang sehat berawal dari kebiasaan membersihkan kulit bibir di rumah sehabis menggunakan lipstick. Sisa lipstick dapat dibersihkan dengan krim pembersih wajah atau baby lotion.

Untuk yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan atau yang sering berada di ruangan ber-AC jangan lupa untuk memberikan sapuan lipglos agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.Untuk menjaga kelembaban kulit bibir, sesekali Anda bisa mengoleskan masker dari bahan-bahan alami seperti madu. So, kini Anda telah memiliki tubuh yang bugar untuk menyambut hari pernikahan, meskipun kesibukan mengurus pernikahan masih menumpuk. Yang pasti selain menjaga makanan jangan lupa untuk selalu beristirahat secara teratur. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar